Reputasi dan Citra
Banyak orang bertanya apa sih arti reputasi
(Reputation) dan Citra (Image) dalam suatu perusahaan ataupun diri seseorang?
Arti Reputasi sendiri dalam KBBI :Nomina
(kata benda) perbuatan dan sebagainya sebagai sebab mendapat
nama baik; nama baik.
Arti
Citra sendiri dalam KBBI : rupa/gambar, gambaran yg dimiliki orang banyak
mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk.
Jadi Citra
adalah sebuah gambaran perusahaan atau seseorang (contoh: pencil Faber Castell yang pabrikan Germany ) dan Reputasi adalah bagaimana masyarakat melihat
(menilai) produk tersebut dan hasilnya ialah ( baik atau buruknya kualitas
barang tersebut bagi masyarakat)
Berikut beberapa
contoh Citra dan Reputasi :
1.
Rexus dengan Razer
Okay, dari yang kalian lihat
perbedaan kedua produk ini sangatlah tipis tapi jika kalian mengetahui “ Merek”
maka kalian pasti anak gamers . Siapa
dari kalian yang tau produk Rexus ( atas ) dan Razer (bawah) .
Rexus dari bentuk dan harga sangatlah
jauh bedanya dengan Razer, rexus sendiri memiliki variasi bentuk yang berbeda
beda rata” berbentuk transformer (hohoho) selain ringan dan warna lampu dalam
rata” biru rexus mempunyai kelebihan yaitu harganya yang gak mahal banget cukup
dengan budget sekitar 55.000 – 110.000 kalian udah dapet yang namanya mouse gaming,
selain mouse rexus juga memiliki perangkat- perangkat lain di antaranya seperti
keyboard dan headset .
Razer siapa
yang ga tau merek satu ini ? yap salah satu perusahaan Console game terbesar di
dunia dan memiliki banyak penggemar muali dari keyboard , laptop, mouse , mouse
pad , headset dan masih banyak lagi. Dari
harga hmm cukup wow karena anda harus merogok kocek yg sangat dalam sekitar 300.000
– 1.500.000+ baru deh kalian memiliki salah satu mouse gaming yang keren and
ternama .
Dan hasil dari ulasan tadi coba
pikirkan apa sih Citra dan Reputasi kedua console game tersebut?
bisa komen juga dibawah …
okay akan saya jelaskan :
1. Rexus
memiliki citra yang keren kayak transformer, warna lampu mouse biru , , murah ,
gampang di cari dsb.
Lalu Reputasi
: baik, untuk orang yang memiliki budget kecil.
2. Razer
memiliki Citra yang keren banget serta bentuk mouse bervariasi and lebih futuristik
, serta warna lampu mouse yang hijau dan dengan berbagai merek nama keren. Sulit
untuk di palsukan, berat pastinya, khusus anak gamers .
Lalu Reputasinya:
dari segi perusahaan yang berada di America pastinya langsung berpikir keren,
harga mahal , lebih memiliki prestige/ kebanggaan tersendiri.
Manfaat Citra dan Reputasi
sendiri dalam suatu perusahaan adalah hal
yang penting serta sulit diukur dan dijelaskan keberadaannya
karena reputasi bukan sebuah produk yang dapat dilihat. Meski demikian
keberadaan reputasi yang baik dapat memperkuat posisi perusahaan ketika
berhadapan dengan pesaing.
Citra merupakan pandangan pihak
luar terhadap satu oraganisasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa reputasi
adalah perpaduan antara identitas dan citra organisasi.
Lima faktor yang mempengaruhi
reputasi berdasarkan pengalaman 100 perusahaan terkemuka di Amerika Serikat:
1. Keberadaan (being)
2. Tindakan (doing)
3. Komunikasi (communicating)
4. Mendengarkan (listening)
5. Melihat (seeing)
1. Keberadaan (being)
2. Tindakan (doing)
3. Komunikasi (communicating)
4. Mendengarkan (listening)
5. Melihat (seeing)
Faktor Penurunan reputasi:
1. Kritik yang dilakukan media terhadap organisasi/produk
2. perilaku tidak etis perusahaan
3. bencana yang menghentikan produksi
4. tuduhan atau putusan pengadilan
5. tuduhan dari pelanggan atas keamanan produk
6. kritik atas perusahaan/produk di internet
Faktor Kenaikan reputasi
1. kemampuan berkomunikasi
2. inovasi
3. nilai dari sumber daya manusia
1. Kritik yang dilakukan media terhadap organisasi/produk
2. perilaku tidak etis perusahaan
3. bencana yang menghentikan produksi
4. tuduhan atau putusan pengadilan
5. tuduhan dari pelanggan atas keamanan produk
6. kritik atas perusahaan/produk di internet
Faktor Kenaikan reputasi
1. kemampuan berkomunikasi
2. inovasi
3. nilai dari sumber daya manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar