Jumat, 25 September 2015

Citra dan Reputasi

Reputasi dan Citra

Banyak orang bertanya apa sih arti reputasi (Reputation) dan Citra (Image) dalam suatu perusahaan ataupun diri seseorang?

Arti Reputasi sendiri dalam KBBI :Nomina (kata benda) perbuatan dan sebagainya sebagai sebab mendapat nama baik; nama baik. 

Arti Citra sendiri dalam KBBI : rupa/gambar, gambaran yg dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk. 

Jadi Citra adalah sebuah gambaran perusahaan atau seseorang (contoh: pencil Faber Castell  yang pabrikan Germany ) dan Reputasi adalah bagaimana masyarakat melihat (menilai) produk tersebut dan hasilnya ialah ( baik atau buruknya kualitas barang tersebut bagi masyarakat)

Berikut beberapa contoh Citra dan Reputasi :

1.     Rexus dengan Razer








Okay, dari yang kalian lihat perbedaan kedua produk ini sangatlah tipis tapi jika kalian mengetahui “ Merek” maka kalian pasti anak gamers .  Siapa dari kalian yang tau produk Rexus ( atas ) dan Razer (bawah) .

 Rexus dari bentuk dan harga sangatlah jauh bedanya dengan Razer, rexus sendiri memiliki variasi bentuk yang berbeda beda rata” berbentuk transformer (hohoho) selain ringan dan warna lampu dalam rata” biru rexus mempunyai kelebihan yaitu harganya yang gak mahal banget cukup dengan budget sekitar 55.000 – 110.000 kalian udah dapet yang namanya mouse gaming, selain mouse rexus juga memiliki perangkat- perangkat lain di antaranya seperti keyboard dan headset .

Razer siapa yang ga tau merek satu ini ? yap salah satu perusahaan Console game terbesar di dunia dan memiliki banyak penggemar muali dari keyboard , laptop, mouse , mouse pad , headset dan masih banyak lagi.  Dari harga hmm cukup wow karena anda harus merogok kocek yg sangat dalam sekitar 300.000 – 1.500.000+ baru deh kalian memiliki salah satu mouse gaming yang keren and ternama .

Dan hasil dari ulasan tadi coba pikirkan apa sih Citra dan Reputasi kedua console game tersebut?

bisa komen juga dibawah … 




okay akan saya jelaskan :
1.     Rexus memiliki citra yang keren kayak transformer, warna lampu mouse biru , , murah , gampang di cari dsb.

Lalu Reputasi : baik, untuk orang yang memiliki budget kecil.

2.    Razer memiliki Citra yang keren banget serta bentuk mouse bervariasi and lebih futuristik , serta warna lampu mouse yang hijau dan dengan berbagai merek nama keren. Sulit untuk di palsukan, berat pastinya, khusus anak gamers .

Lalu Reputasinya: dari segi perusahaan yang berada di America pastinya langsung berpikir keren, harga mahal , lebih memiliki prestige/ kebanggaan tersendiri.

Manfaat Citra dan Reputasi sendiri dalam suatu perusahaan adalah hal yang penting serta sulit diukur dan dijelaskan keberadaannya karena reputasi bukan sebuah produk yang dapat dilihat. Meski demikian keberadaan reputasi yang baik dapat memperkuat posisi perusahaan ketika berhadapan dengan pesaing.
Citra merupakan pandangan pihak luar terhadap satu oraganisasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa reputasi adalah perpaduan antara identitas dan citra organisasi.

Lima faktor yang mempengaruhi reputasi berdasarkan pengalaman 100 perusahaan terkemuka di Amerika Serikat:
1. Keberadaan (being)
2. Tindakan (doing)
3. Komunikasi (communicating)
4. Mendengarkan (listening)
5. Melihat (seeing)

Faktor Penurunan reputasi:
1. Kritik yang dilakukan media terhadap organisasi/produk
2. perilaku tidak etis perusahaan
3. bencana yang menghentikan produksi
4. tuduhan atau putusan pengadilan
5. tuduhan dari pelanggan atas keamanan produk
6. kritik atas perusahaan/produk di internet

Faktor Kenaikan reputasi
1. kemampuan berkomunikasi
2. inovasi
3. nilai dari sumber daya manusia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar