FAKTOR
PEMBENTUK CITRA
1. Identitas Fisik
–Visual : nama, by line, tag line, logo, pilihan tulisan, warna, bentuk gedung, lobby kantor.
– Audio : jingle (suatu gambaran dari sebuah iklan yang di realisasikan dalam bentuk musik.)
– Media Komunikasi : Profile Perusahaan, brosur, iklan, laporan tahunan, pemberitaan media, media partner.
2. Identitas Non-Fisik
– Sejarah, filosofi, kepercayaan, nilai-nilai, budaya.
3 Manajemen Organisasi:
– visi, misi, sistem, kebijakan, aturan, alur-prosedur, teknologi, SDM, strategi organisasi, job design, reward system, sistem pelayanan, positioning produk.
4. Kualitas Hasil
– mutu produk & pelayanan.
5. Aktivitas & Pola Hubungan
– hubungan organisasi dengan publik, respon –tanggung jawab sosial & mentalitas /perilaku indivdu SDM organisasi, kualitas komunikasi, pengalaman pelanggan (testimoni), jaringan komunikasi / bisnis / organisasi.
FAKTOR
LAINNYA DALAM PEMBENTUKAN CITRA
1. faktor image karena nama besar. mis : Samsung, Apple , Nokia
1. faktor image karena nama besar. mis : Samsung, Apple , Nokia
2. image yang tertanam
secara turun temurun. Mis : Nokia
3. image yang dibangun
karena promosi. mis : Samsung
4. image yang dibangun
karena exlusifitas. mis : Apple
Macam/Jenis
Citra
1. CITRA CERMIN (MIRROR IMAGE)
• Kesan yang diyakini oleh perusahaan –para pimpinan- terhadap organisasinya secara sepihak tanpa mengacuhkan kesan dari luar. Cenderung selalu merasa dalam posisi baik padahal jauh dari kenyataan, khususnya setelah dilakukan studi.
2. CITRA KINI (CURRENT IMAGE)
– Kesan yang diperoleh dari orang lain tentang perusahaan/organisasi atau hal lain yang berkaitan dg produknya.
– Kesan yang senyatanya terjadi terhadap perusahaan berdasarkan kesan dari publik eksternalnya.
3. CITRA KEINGINAN (WISH IMAGE)
– Kesan yang memang diharapkan terjadi oleh perusahaan, atau seperti apa yang diinginkan dan dicapai oleh pihak manajemen terhadap lembaga/perusahaan, atau produk yang ditampilkan tsb lebih dikenal (good awareness), menyenangkan dan diterima dg kesan yg selalu positif diberikan (take and give) oleh publiknya.
4. CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IMAGE)
– Kesan yang berkaitan dengan sosok perusahaan sebagai tujuan utamanya sehingga bisa diterima oleh publiknya, mis : tentang sejarahnya, kualitas layanan, keberhasilan, tanggung jawab sosial (social care).
5. CITRA SERBANEKA (MULTIPLE IMAGE)
– kesan yang berkaitan dengan segala aspek untuk lebih mengenalkan (awareness) terhadap identitas perusahaan. spt : atribut logo, brand’s name, seragam (uniform) para front liner, sosok gedung, dekorasi lobby kantor, penampilan para profesionalnya.
6. CITRA PENAMPILAN (PERFORMANCE IMAGE)
– Kesan yang lebih ditujukan kepada subjeknya, bagaimana kinerja / penampilan diri (performance image) para profesional perusahaan/organisasi yang serba menyenangkan dan selalu baik. mis : dalam memberikan pelayanan, menerima telpon, menyambut tamu/pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar